Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh Pada Sekolah Dasar Berbasis Organisasi Keagamaan di Kota dan Kabupaten Kupang

  • Organisasi:

  • Tujuan SDGs:

  • Periode: 2021 – 2022

  • Dana:

    7000000,-

  • Lokasi:

Sejak Maret 2019, pandemi wabah virus Covid-19 menimbulkan dampak signifikan bagi masyarakat di Kupang, Nusa Tenggara Timur, termasuk pada sektor pendidikan. Sebagai akibatnya, pemerintah daerah setempat mengambil kebijakan untuk menghentikan pembelajaran tatap muka dan beralih ke pembelajaran jarak jauh (PJJ) guna mengurangi penyebaran Covid-19[1]. Namun, terdapat kendala dalam pelaksanaanya di wilayah Kota Kupang, seperti keterbatasan kapasitas dan ketrampilan tenaga pendidik, penggunaan kurikulum dan perangkat/instrumen pembelajaran guru yang masih konvensional, dan infrastruktur yang belum optimal dan merata. Faktor ini belum sepenuhnya dapat mengakomodasi pelaksanaan PJJ dengan baik di wilayah tersebut.

Terdapat sebanyak 521 Sekolah Dasar (SD) di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, di manadimana sekitar 28,41% atau 148 sekolah (28,41%) merupakan sekolah berbasis Yayasan milik Organisasi Keagamaan (OKG). .) Kupang. Sekolah-sekolah ini umumnya berlokasi di daerah pinggiran kota dan pedalaman, di manadimana akses internet bahkan listrik seringkali minim bahkan tidak tersedia. Tanggapan yang lamban oleh Yayasan berbasis OKG dan pengelola sekolah, dan keterbatasan fasilitas pendukung, juga menambah kendala dalam pelaksanaannya.

 Untuk menghadapi situasi ini, SDGs Center Universitas Kristen Artha Wacana Kupang telah menjalin kerjasama dengan GIZ Indonesia, yayasan milik OKG Kupang, dan pemerintah daerah setempat yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kantor Kementerian Agama Kupang. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas OKG, pengelola sekolah, dan tenaga pengajar, terutama di Sekolah Dasar di Kota/Kabupaten Kupang, agar dapat beradaptasi dengan situasi pandemi dan pelaksanaan PJJ menjadi lebih efektif.

Selama 2021 hingga 2022, 4 OKG yang mewakili agama yayasan Protestan, Katolik, Islam dan Hindu, 10 yayasan persekolahan dan 16 guru dan Kepala Sekolah SD telah mengikuti kegiatan penguatan kapasitas untuk peningkatan mutu PJJ di Kupang. Kegiatan dilakukan secara terpisah dan bertahap dengan metode brainstorming ide, wawancara, dan berbagi praktik baik.

Kegiatan penguatan kapasitas untuk OKG dan pengelola sekolah dasar bertujuan untuk memberikan pembakalan teknis dan non-teknis untuk membangun pembelajaran daring di SD dan membangun ekosistem pendidikan yang kolaboratif dan inklusif. Model yang ditawarkan adalah merujuk dan menerapkan secara selektif metode pembelajaran daring yang terbukti berhasil dijalankan pada SD di wilayah lain[2]. Sedangkan penguatan kapasitas untuk guru difokuskan pada peningkatan dan pemahaman ketrampilan digital guru SD berbasis keagamaan. Selain itu, para guru juga dibekali dengan informasi terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan[3].

Melalui intervensi ini, diharapkan dukungan OKG dan pengelola sekolah dapat mengakomodasi berlangsungnya PJJ pada sekolah-sekolah dasar di Kupang, dan kompetisi guru atau tenaga pengajar meningkat sertadan dapat menciptakan proses belajar-mengajar daring lebih efektif dan menyenangkan bagi murid.

 

Sumber:

[1] https://kupang.antaranews.com/berita/63013/artikel-bangkitnya-sektor-pendidikan-di-kota-kupang-di-tengah-pandemi-covid-19

[2] https://selatanindonesia.com/2021/07/04/merawat-mutu-pembelajaran-siswa-sd-berbasis-organisasi-keagamaan-okg-di-timor-barat-selama-pandemi-covid-19/

[3] https://ntt.sdgs.web.id/2022/03/22/sdgs-center-ukaw-kupang-gandeng-giz-buat-pelatihan-keterampilan-digital-bagi-guru-di-kupang/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh beberapa tautan dibawah:

  1. Proposal Karya SDGs Program Kepemimpinan SDG Angkatan 1 – Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh di Kupang – EDU.pptx
  2. Video Presentasi Karya SDGs_Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh di Kupang

Untuk kerjasama dan replikasi, dapat menghubungi Godlief Fredrik Neonufa, peserta Program Kepemimpinan SDG Angkatan 2, SDG Academy Indonesia melalui email:  info@sdgacademyindonesia.id.