Pendidikan Inklusif Mewujudkan Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan 

  • Organisasi:

  • Tujuan SDGs:

  • Periode: 2021 – 2022

  • Dana:

    22000000,-

  • Lokasi:

Pendidikan adalah hak dasar yang dilindungi dan dijamin oleh peraturan-peraturan pemerintah Indonesia dan juga merupakan tujuan penting dalam pembangunan keberlanjutan. Kabupaten Kendal berkomitmen untuk menerapkan pendidikan inklusif dan merata bagi semua anak, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus, dengan tujuan memberikan akses yang setara terhadap pendidikan berkualitas. Namun, Kabupaten Kendal mengalami tantangan dalam menerapkan program pendidikan inklusif dan merata bagi semua anak. Tantangan tersebut adalah belum adanya perencanaan dan perumusan sekolah inklusif secara sistematis, komprehensif dan berkelanjutan; perlunya penetapan sekolah inklusif sebagai percontohan; minimnya data anak berkebutuhan khusus; minimnya penyelenggaran pelatihan bagi guru-guru pada sekolah inklusi dan belum adanya kemitraan dengan lembaga lain.

Untuk mengatasi tantangan ini, Pemerintah Kabupaten Kendal bekerja sama dengan DPRD Kab Kendal, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, serta lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada pendidikan. Mereka berupaya menciptakan sekolah inklusif sebagai contoh model dengan lingkungan belajar yang aman, bebas dari kekerasan, dan efektif untuk siswa penyandang disabilitas. Upaya lainnya termasuk pendataan anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Kendal, peningkatan kesadaran di kalangan satuan pendidikan tentang keberagaman, pelatihan khusus untuk guru pembimbing, dan perumusan peraturan Bupati yang mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di wilayah tersebut.

Hasil dari upaya ini, Kabupaten Kendal berhasil mendata 1.099 anak berkebutuhan khusus pada tahun 2021 dan mengembangkan 28 sekolah inklusif mulai dari tingkat TK/PAUD hingga SMP[1] dari 10 sekolah yang direncanakan. Selain itu, Peraturan Bupati Kendal No. 420/19/2022 yang dikeluarkan pada 2022, menjadi landasan hukum untuk implementasi pendidikan inklusif[2].

Untuk mendukung pendidikan inklusif secara lebih lanjut, Kabupaten Kendal memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi para guru, terutama dalam mencetak guru pembimbing khusus. Dengan langkah ini, diharapkan sekolah-sekolah inklusif dapat memberikan pendampingan yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, dan meningkatkan daya saing pendidikan di Kabupaten Kendal.

Melalui kerjasama dan komitmen yang kuat, Kabupaten Kendal akan terus berupaya mengembangkan pendidikan inklusif yang merata dan berkualitas, sehingga setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi mereka dan mencapai masa depan yang cerah. Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan 4 (Peningkatan Pendidikan yang Berkualitas), 10 (Berkurangnya Kesenjangan) dan 17 (Kemitraan untuk Keberlanjutan).

 

Sumber:

      [1] https://sigijateng.id/2022/sekolah-inklusi-berikan-ruang-belajar-bagi-abk-di-kabupaten-kendal/

      [2] https://jdih.kendalkab.go.id/docs/daerah/KEPBUP_2022_019.pdf

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh beberapa tautan dibawah:

  1. Video Presentasi Karya SDGs: Pendidikan Inklusif Kendal
  2. KEPBUP_2022_019_Pendidikan Inklusif Kendal

Untuk kerjasama dan replikasi, dapat menghubungi Wahyu Yusuf Akhmadi  – peserta Program Kepemimpinan SDG Angkatan 1, SDG Academy Indonesia melalui email:  info@sdgacademyindonesia.id